Senin, 27 Mei 2013

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Karya : Hassan Ibrahim Hassan

(Koleksi Buku Perpustakaan Masjid Agung Baitul Mu’minin)

           
           Sejarah bangsa Arab sebelum datang agama islam tidak dapat diketahui dengan tepat karena  pertama sebagian besar penduduknya merupakan kelompok yang suka berpindah pindah tempat tinggal. Kedua budaya tulis menuis pada zaman dahulu belum mereka kenal jadi kebanyakan dari mereka masih buta aksara. Pada waktu dulu bangsa Arab merupakan penyembahberhala dan memiliki banyak tempat suci dan upacara keagamaan. Mereka menyerahkan korban sebagai persembahan kepada tuhan mereka yang berwujud patung dari batu kasar dan mereka mengitari tempat peribadatan mereka. Selain itu ada beberapa agama dan beberapa kepercayaan yg mereka anut pada zaman itu yaitu agama kristen, agama yahudi dan kepercayaan penyembahan terhadap bintang dan langit.
Pada masa kegelapan masyarakat tersebut Allah mengutus nabi muhammad dengan misi kenabian dan pada saat itu nabi muhammad sudah berumur 40 tahun. Misi tersebut mengajarkan bahwa tiada tuhan selain Allah yang mengetahui segala tingkah laku manusia dan menghukum sesuai dengan perbuatannya di akhirat nanti. Pada masa kenabiannya nabi Muhammad mengarahkan usahanya untuk menyakinkan penduduk negaranya atas kebenaran ajaran baru,ketahuitan, kebencian terhadap penyembahan berhala, kewajiban manusia untuk tunduk kepada aturan sang pencipta. Inilah kebenaran dari ajaran yang beliau tegaskan dan dari ajaran ini sudah nampak beberapa pengikut antara lain beberapa pemuda dari golongan kaum miskin,sang istri Khodijah, dan keponakan Ali Bin Abi Tholib.
Di kota Mekkah nabi Muhammad mendapat sambutan yang baik dari para penduduk dan sebagian penduduk memilih beliau untuk menjadi pemimpin. Sesudahnya hijrahnya nabi Muhammad kota yathrib menjadi kota kelahiran agama islam dan menjadi tempat berlindung bagi umat Islam sehingga disebut kota nabi sekarang dinamakan Madinah dan makam nabi juga berada di kota ini.(ES) 

0 komentar:

Posting Komentar